Jenis Kulit Yang Digunakan Tas Kulit Jogja

Dompet serta tas menjadi aksesoris penunjang fashion yang banyak digunakan oleh orang-orang. Termasuk di antaranya adalah tas kulit Jogja. Tas kulit terutama banyak dipilih karena kualitasnya dan ketahanan yang dimiliki. Selain itu, tentu ada gengsi tersendiri saat menggunakan tas kulit, terutama karena tas berbahan kulit dikenal akan harganya yang tinggi. Kita bisa menemukan aneka dompet, tas hingga ikat pinggang dan aksesoris lain berbahan kulit di tempat jual souvenir kulit yang ada di kota-kota besar. Jenis kulit yang digunakan dalam pembuatan aneka produk fashion sendiri sangat beragam, dan ternyata tidak semuanya adalah kulit asli. Jika kita termasuk pecinta item fashion berbahan kulit, maka penting untuk mengetahui apa saja jenis-jenis kulit yang biasa digunakan dalam pembuatan item fashion ini. Mulai dari jenis kulit yang kualitasnya tinggi hingga yang kualitasnya sedang-sedang saja dengan harga terjangkau.

Tas Kulit Jogja Asli

Untuk tas kulit Jogja yang terbuat dari genuine leather atau kulit asli, biasanya akan menggunakan kulit sapi atau kulit kambing. Kualitasnya tentu lebih bagus kulit sapi karena lebih tebal dan bertekstur. Kulit sapi atau cowhide memiliki kualitas premium alias paling tinggi dan harganya tentu paling mahal dibanding jenis kulit yang lain. Cowhide leather juga dikenal akan kekuatannya dalam membawa beban yang berat tanpa merusak ataupun mengubah struktur serta penampilan dari tas itu sendiri. Tidak heran apabila cowhide leather banyak disukai pecinta tas kulit sejati, terutama mereka yang mengutamakan kualitasnya. Berikutnya ada juga kulit kambing atau lambskin yang bisa jadi alternatif tas kulit dengan harga lebih terjangkau dibanding kulit sapi. Lambskin memiliki tekstur yang lebih lembut dan halus serta menarik bagi sebagian orang. Kelemahannya adalah bahan ini mudah tergores serta tidak sekuat kulit sapi. Alternatif lain ialah patch atau perca, yaitu gabungan antara potongan-potongan kulit sapi dan kambing. Harganya di bawah tas kulit sapi atau tas kulit kambing, namun material ini jarang digunakan dan kurang populer sebagai material tas kulit.

 

Tas Kulit Jogja Imitasi

Bagi kita yang menginginkan tas kulit Jogja namun terbentur masalah dana, maka solusinya adalah dengan menggunakan tas kulit imitasi atau sintetis. Walau imitasi, namun kini banyak bahan kulit sintetis yang berkualitas dan tampak seperti asli. Salah satunya adalah PU Leather, terbuat dari kulit asli kualitas rendah yang ditambah bahan lain. Teksturnya halus dan warnanya juga beragam. Keunggulan lain dari bahan ini adalah awet, tahan lama serta perawatannya tidak semahal dan seribet kulit asli. Harganya juga tentu lebih murah dibanding tas kulit original. Kita bisa menemukan tas kulit sintetis ini secara mudah. Bahan PU leather juga telah banyak digunakan sebagai bahan dasar aneka item fashion, seperti tas, dompet, dan lain-lain. Perawatan tas berbahan PU leather juga sangat mudah. Cukup dengan membersihkan menggunakan kain ataupun leather care. Hindari memegang tas atau produk berbahan PU leather saat tangan terkena minyak agar produk terhindar dari kelembaban serta jamur. Hindari juga paparan sinar UV secara terus menerus agar bahan dan warnanya tetap awet. Secara umum, bahan PU leather memang tahan lama dan tidak mudah rusak, namun bukan berarti bahan ini tidak bisa rusak. Tetap rawat tas dan produk lain berbahan PU leather agar dapat digunakan dalam jangka waktu panjang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *